Promosi Jitu Untuk Pemasaran Buku
RESUME PERTEMUAN 28
KBMN PGRI ANGKATAN 28
Senin, 13 Maret 2023Siang itu Senja tengah bergelut dengan setumpuk tugas editan artikel yang akan ia kirimkan ke majalah suara guru. Selama sebulan terakhir ia telah ditetapkan sebagai tangan kedua Pak Sim Chung Wei, sang guru Bahasa Inggris untuk mengurusi semua kumpulan artikel dari guru-guru sebelum layak tayang.
"Ujaaa, novelmu sudah mulai promosi?" tanya Pak Sim. Entah sejak kapan Pria berpostur tinggi ramping itu sudah berada disamping kursi yang diduduki Senja.
"Astaga, Pak Sim! kebiasaan bikin kaget." keluh Senja seraya menekan dadanya yang tengah berdebar kaget atas kemunculan Pak Sim yang tiba-tiba.
"Hahaaa .... maaf, serius amat! kerja yang santai enggak usah ngoyo." ucap Pak Sim tanpa rasa bersalah telah bikin jantung Senja melompat sejenak.
"Kalau santai, suka dirusuhin Pak Sim."
"Hahaa .... udah sih, yuk ikut Saya dulu ada teman Saya yang jago promosi buku. Laris-laris loh buku dia." kata Pak Sim.
"Dari penerbit, Pak?"
"Ada deh, penulis terkenal pokoknya." Pak Sim langsung berbalik.
Karena penasaran, Senja bergegas mengikuti Pak Sim yang berjalan menuju lobi depan. Tampak sesosok pria berpenampilan rapi duduk di sofa panjang. Tersenyum lebar melihat kedatangan Pak Sim, kedua pria itu bersalaman dan bertegur sapa sejenak.
"Bro, ini Senja. lagi promosi novel cetak pertamanya, kali aja situ sebagai senior yang sudah sukses mau berbagi ilmu promosi ke Senja." tutur Pak Sim.
"Perkenalkan Saya Lembayung Senja. Akbar Zainudin, Kan? Penulis buku Man Jadda Wajada." rupanya Senja telah mengenali pria si teman Pak Sim ini.
"Wah, Betul. Sudah baca bukunya?" Pak Akbar terlihat antusias. Senja mengangguk seraya tersenyum.
"Sudah, buku motivasi keren yang pernah Saya baca."
"Terimakasih banyak ya, sudah baca buku Saya. Novelmu ikut seleksi di penerbit atau permintaan pribadi untuk dicetak?"
"Ikut seleksi, Pak." jawab Senja.
"Mantap, di penerbit mana?"
"Penerbit indi, Bro. Lumayan besar sih, Penerbit Lo*******, tau kan?" sela Pak Sim.
"Hmm, ya tau. Penerbitnya support, kan?"
"Support banget, Pak. Kasih saran dong Pak, biar Novel Saya juga kenceeeng larinya." Senja mulai melancarkan jurus rayuan mautnya.
"Wahh, kenceng ya, Alhamdulillah. Diawal-awal, ya sama penuh perjuangan berdarah-darah. Tawarin sana-sini enggak usah malu namanya juga lagi berusaha."
"Buku Man Jadda Wajada. Boleh dibilang, buku solo saya yang pertama. Sebelumnya menulis beberapa buku antologi. Alhamdulillah, buku ini baru cetakan ke-13, beredar 55.000 eksemplar. Setelah Man Jadda Wajada, saya menulis 15 buku dari tahun 2010 sampai sekarang."
"Keren, Pak! emang bagus isinya."
"Makanya yuk kita belajar bersama. Saya kasih ilmunya ya!" ucap Pak Akbar.
"Siap, Pak!" sahut Senja penuh semangat.
"Pertama kita harus punya personal branding sesuai tema buku kita. Saya membrandingkan diri sebagai motivator dan penulis buku-buku motivasi. Karena itu, yang saya tulis hampir semuanya buku-buku tentang motivasi. Agar kalau orang dengar nama Akbar Zainudin, tidak jauh-jauh dari motivasi. Ada motivasi belajar, motivasi hidup, motivasi kerja, motivasi bisnis, motivasi menulis, dan juga motivasi agama."
"Buku saya tentang menulis adalah UKTUB; Panduan Menulis Buku dalam 180 hari. Ini buku panduan menulis dari A sampai Z. Saya sarankan Bapak Ibu untuk memiliki buku ini, karena ada 150an alamat penerbit yang bisa dikirimi naskah, anggota IKAPI."
"Buku ini menjadi materi pembelajaran DIKLAT MENULIS yang saya adakan selama pandemi ini. Alhamdulillah, sebagai trainer, saya biasanya keliling ke berbagai tempat di Indonesia untuk menyebarkan semangat Man Jadda Wajada. Dan selama pandemi, saya melakukannya secara online."
"Kalau boleh tau, hobi Pak Akbar apa?" tanya Senja terucap begitu saja.
"Saya punya 4 hobi; mengajar, menulis, jalan-jalan, dan makan. Dari dulu saya berpikir bagaimana bisa menjalankan 4 hal ini secara bersamaan. Alhamdulillah, sebagai trainer, keempat hal ini bisa saya lakukan hingga sekarang. Salah satu impian saya adalah bisa keliling ke 34 Provinsi se-Indonesia. Alhamdulillah, saya sampai sekarang baru keliling ke 33 Provinsi. Kurang 1 provinsi lagi, yaitu Papua. Mohon doanya, tahun ini saya bisa khatam keliling Indonesia. Siapa tahu dengan saya sharing di sini, habis ini ada teman-teman yang dari Papua berkenan mengundang saya, heheee …. Belum apa-apa udah jualan aja."
"Harus dong, Bro!
"Buku terlaris kedua saya adalah KETIKA SUKSES BERAWAL DARI PESANTREN. Ini adalah buku motivasi khusus buat santri dan santriwati. Menjadi laris karena memang saya sebarkan bersama pelatihan motivasi untuk para santri dan santriwati seluruh Indonesia. Bagi rekan-rekan guru yang berasal dari lingkungan pesantren, boleh kita ngobrol lebih jauh. Siapa tahu ada yang ingin mengadakan seminar motivasi di pesantrennya."
"Kalau di pesantren, materi pelatihan saya umumnya ada dua; seminar motivasi dan pelatihan menulis buku. Seminar motivasi untuk seluruh santri agar betah di pesantren, punya impian besar, lebih menghormati guru dan orang tua. Untuk pelatihan menulis, biasanya saya buat teorinya tidak terlalu banyak, lalu saya buat praktik menulis. Hasil tulisan para santri diketik di komputer, lalu kita jadikan sebagai buku antologi."
"Gitu ya, Senja. Sekarang Saya mau tanya dulu nih. Sejauh mana Kamu mengetahui tentang promosi?" Pak Akbar menatap Senja sekilas. Gadis itu tampak mengernyitka kening, berfikir keras.
"Hmm ...."
"Ck, jawab Ja! jangan bikin malu Saya, Hahaa ...." kelakar Pak Sim.
"Ya sebentar! Saya juga harus mikir dulu biar jawaban Saya enggak bikin malu." sahut Senja ketus.
"Hahaa ...." kedua pria itu terbahak, lucu melihat tingkah konyolnya Senja.
"Promosi adalah cara kita memberikan informasi tentang produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada audiens kita agar mereka tertarik dan mau membeli." tutur Senja.
"Wih mantap! jawaban yang tepat." Pak Akbar bertepuk tangan, Pak Sim mengacungkan jempol.
"Terus kenapa dong promosi buku itu penting?" kali ini Senja yang balik bertanya.
"Promosi buku itu penting karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audiens tidak mengetahui produk kita, maka mereka tidak akan tertarik, apalagi mau membeli buku kita."
Lalu Pak Akbar menuturkan tujuan promosi buku.
Beberapa tujuan dari promosi buku adalah:
- Membuat audiens mengenal (tahu) buku kita.
- Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana caranya yang tadinya mereka tidak butuh, tetapi setelah kita promosikan menjadi butuh.
- Meyakinkan konsumen untuk membeli buku.
- Mengharapkan konsumen agar mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain.
Lalu Senja terfokus pada tautan yang telah dibukakan oleh Pak Akbar.
Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan.
- LAUNCHING BUKU. Adalah program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Yang membiayai launching buku siapa? Bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku, karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku. Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk launching buku. Kita bisa memanfaatkan tempat ini. Jadi kita promosikan acaranya, tempatnya di toko buku Gramedia. Buat saja program LAUNCHING BUKU, live di FB, IG, atau Youtube. Undang kawan-kawan kita. Ajak mereka berpartisipasi. Launching buku kalau perlu setiap bulan. Kan ngga harus sekali. Bulan ini Launching Pertama, Bulan depan Launching kedua, ketiga, dan seterusnya. Kalau setiap bulan kita launching buku kita, setahun kita sudah 12 kali launching buku.
- BEDAH BUKU. Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya. Lebih mudah sekarang ini adalah bedah buku secara online. Kita undang orang-orang untuk ikut acara bedah buku bersama kita. Bisa di FB, IG, WA Grup, Zoom, dan sebagainya.
- SEMINAR ATAU PELATIHAN. Lakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita. Seminar atau workshop ini, pertama-tama bolehlah dilakukan gratis. Karena target kita adalah mengenalkan buku kepada para peserta. Lakukan secara kontinyu, misalnya sebulan sekali. Kalau misalnya bisa offline, laksanakan di sekolah misalnya. Kalau tidak bisa offline, lakukan secara online. Bisa via WA, Zoom, FB, IG, dan sebagainya.
- MEMBANGUN KOMUNITAS. Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru. Buku tentang menulis, bangun komunitas menulis. Buku tentang Ice Breaking, bangun komunitas Ice Breaking. Buku tentang bahasa, bangun komunitas bahasa. Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku. Sesekali seminar melalui Zoom.
- MEMBANGUN JARINGAN RESELLER. Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.
- MEMBUAT MARKETPLACE. Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita. Yang penting keberadaan kita dan buku kita ada. Itulah pentingnya ada di marketplace. Jadi kalau ada orang mencari judul buku kita, bisa ditemukan.
- MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL. MEDSOS untuk promosi buku. Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis. Dan jangan setiap hari isinya jualan. Lebih banyak sharing-sharing, baru selling. Lebih banyak memberikan pengetahuan kepada para pembaca sehingga mereka merasa ada manfaat menjadi followers kita. Pada dasarnya kita ini memengaruhi orang agar mereka mau menjadikan buku sebagai kebutuhan utama. Dan memang, membaca akan banyak membuka wawasan, pengetahuan, dan pilihan dalam mengambil keputusan.
"Tuh, Ja. Ilmu gratis daging banget ini." sela Pak Sim. Senja mengangguk seraya mengacungkan jempol.
"Keterampilan apalagi, Pak yang memungkinkan dimiliki penulis yang dapat menunjang promosi buku, Pak?" tanya Senja.
"Pertanyaan daging juga nih, Bro!" kelakar Pak Akbar ditujukan pads Pak Sim.
"Masih kurang itu. Biasanya pertanyaan Senja pedas dan nyelekit di hati."
"Hmm, hmm ...."
"Hahaaa ...."
"Baik Senja. Saya akan bekali kamu dengan keterampilan penunjang biar promosimu makin gress."
Beberapa keterampilan yang akan membantu proses penjualan buku. Diantaranya:
- Keterampilan berbicara yang baik di depan umum (public speaking). Agar pada saat kita ada acara ataupun rekaman di Medsos dan YouTube, menjadi menarik bagi calon pembaca.
- Kemampuan copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan). Ini salah satu keterampilan paling penting untuk menjual pada Abad 21.
- Pemanfaatan teknologi informasi. Bagaimana memanfaatkan media sosial seperti YouTube, WA, IG, Facebook, Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Karena eranya sekarang seperti itu. Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, hidup akan lebih mudah.
"Gercep, Ja!" kompor Pak Sim kembali beraksi.
"Siaap! Terimakasih banyak loh Pak atas ilmu gratisannya, atas bantuan Bapak juga." Senja benar-benar sumringah.
"Sama-sama Saya senang melihat Kamu yang bersemangat. Sukses ya Ja!"
"Aamiin Ya Rabb."
Begitulah pertemuan Senja dengan penulis kawakan, membuahkan ilmu promosi yang belum tentu Senja dapatkan di tempat lain dengan mudah.
Mari bersemangat untuk selalu berkarya.
Terimakasih atas ilmu yang bermanfaat.
Seruyan keesokan harinya.
Salam manis,
Eka Yulia❤
Luar biasa Bu promosi jitunya👍
BalasHapusTerimakasih sdh mampiiir, yuk promo!
Hapuskeren promonya
BalasHapusYuk promo buun.
Hapusmantap dan luar biasa lengkap resumenya ibu
BalasHapusSiap, terimakasih Pak Bagus.
HapusSelalu keren cerpennya
BalasHapusHayuk, selesaikan!
Hapus